Pages

hak cipta. Powered by Blogger.
RSS

kuliner khas makassar


kota makassar atau biasa disebut kota daeng atau kota anging mammiri`,selain bahasa dan budayanya yang khas, makassar juga terkenal dengan makanan khasnya yang eeeeeeenaaaaak bangeet.....!!!!!!

AJUN akan berikan beberapa daftar menu makanan khas makassar, yang hanya bisa sahabat blogger  dapatkan di bengkel terdekat,, hehehe, maksud ajun di makassar.



1. pisang epe`

           ehmm jajanan yang satu ini adalah makanan kesukaan ajun,pisang epe` bisa teman2 temukan di anjungan pantai losari.hidangan yang terbuat dari pisang ini punya rasa yang menggoyang !!.
gimana...??  ke makassar belum coba makanan yang satu ini????? RUGI....!!!!!!!!!!!!

sahabat2 blogger yang blum pernah ke makassar dan belum coba pisang epe`,,,,jangan sedih!!!
ajun akan kasih resep membuat pisang epe`....!!

Bahan
1 sisir pisang kepok yang tua, dikupas

Bahan Saus
250 gram gula merah, disisir tipis
100 ml air
5 mata durian matang, buang bijinya
1/4 sendok teh garam
1 lembar daun pandan

Cara
 
- Bakar pisang diatas bara api sambil dibolak balik hingga harum dan matang. 
- Rebus gula merah, air daun pandan sampai mendidih. Tambahkan garam dan durian. Rebus        
   sampai kental.

- Susun pisang di atas piring, siram saus sebelum disajikan.

  Meskipun rasanya ngak sama persis,mudah2an teman2 bisa membuatnya sendiri di rumah. AMIEEEN!!!!!!!!

2. coto makassar

       coto makassar, adalah makanan khas makassar yang terbuat dari danging sapi ditambah dengan berapa rempah yang membuat rasa makanan yang satu ini sangat khas.

      warung coto makassar hampir tersebar di semua jalan poros makassar, jadi kalau teman teman berkunjung ke makassar tidak lengkap kalu tidak mencicipi makanan yang satu ini .

      kali ini ajun ngak ngasih resepnya, ajun takut para penjual coto makassar demonstrasi di depan rumah karena dagangannya ngak laku. hehehehe

3. konro

        
         tampilannya sih  agak aneh karena hidangan yang satu ini nyaris tulang smua,hehe.. tapi,,, jangan salah meskipun tulang hidangan konro sangat diminati oleh penduduk asli maupun wisatawan makassar, karena diracik dengan bumbu-bumbu pilihan tulang tulang sapi ini berubah menjadi santapan yang sangat lezat,,,hmm penasaran dengan rasa hidangan yang satu ini ???????????????
AYO!!! buruan kemakassar.
                 



4. pisang ijo

          selain pisang epe ada beberapa jajanan khas makassar yang berbahan dasar pisang, salah satunya adalah pisang ijo, jajanan satu ini paling nikmat di santap ketika cuaca lagi panas. selain enak pastinya juga seeegarrrrrrr!!!!







5. pallu butung

           satu lagi jajanan khas makassar yang berbahan dasar ikan , es pallu butung potongan pisang plus saus tepung yang manis enak membuat orang yang menyantapnya terkagum kagum. es pallu butung adalah menu berbuka yang paling diminati masyarakat makassar pada umumnya.. ketika bulan ramadhan hampir di sepanjang jalan poros makassar di penuhi dengan pedagang jajanan ini.













  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS